logo

Apakah Perbedaan Laundry & Dry Clean? Apakah Dry Clean Aman Bagi Kesehatan Manusia?

main
15.08.2022

Sejarah mencatat layanan dry clean pertama dikenalkan oleh Thomas L. Jennings padatahun 1821 yang menyebut teknik mencucinya sebagai dry scouring. Kemudian, di tahun 1845 Jean Baptiste Jolly membuka layanan dry clean pertama dan menawarkan metode baru dengan menggunakan minyak tanah dan bensin untuk membersihkan noda. Mengingat minyak tanah dan bensin mudah terbakar dan penggunaannya menimbulkan banyak kebakaran serta ledakan, pemerintah mengeluarkan aturan-aturan untuk penyedia layanan dry clean. Setelah perang dunia I, layanan dry clean menggunakan cairan berbasis klorin yang tidak mudah terbakar dan membersihkan noda lebih baik. Saat ini, hampir dua abad kemudian, layanan laundry semakin berkembang dan menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Jika dulu laundry hanya bersifat membersihkan, sekarang konsepnya bukan hanya sekedar membersihkan tetapi juga merawat, layanan ini sekarang dikenal sebagai fabricare.

 

Sebenarnya, apa sih bedanya laundry dan dry clean? Apakah bedanya hanya yang satu menggunakan air dan satunya tidak? Apakah dry clean aman bagi kesehatan manusia?

 

Proses dry clean pada umumnya menggunakan cairan Perchloroethylene (PCE) atau hidrokarbon sebagai cairan pengganti air dan sekaligus untuk membersihkan noda atau kotoran. Sedangkan metode laundry biasa yang menggunakan air dan deterjen, biasanya digunakan untuk mencuci bahan-bahan katun, poliester, dan nilon.

Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya , setiap pakaian memiliki label yang menjelaskan bagaimana kita seharusnya merawat pakaian tersebut. Untuk bahan-bahan tertentu, mesin cuci dengan pengaturan pencucian halus ( gentle cycle ) sekalipun dapat merusak bahan-bahan yang sensitif seperti kasmir ( cashmere ) dan wol. Belum lagi kandungan kimia deterjen dan pelembut yang bisa memudarkan dan merubah tekstur kain.

 

Metode dry clean cocok untuk bahan-bahan yang membutuhkan perawatan khusus seperti kasmir ( cashmere ), sutera, dan wol. Di mana serat-serat kain tersebut berasal dari serat hewani yang memiliki lapisan protein dan lemak yang harus tetap terjaga di setiap pencucian agar tidak berubah teksturnya.

 

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa metode dry clean PCE/PERC sudah dilarang di Amerika sejak 2008, karena diinilai berbahaya oleh Environmental Protection Agency (EPA), karena metode lama dry clean yang menggunakan PCE sebagai cairan pengganti air membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan hidup. PCE dapat menyebabkan kesulitan bernafas, alergi, kanker, dan merusak sistem saraf pusat pada manusia. Kemungkinan PCE masih melekat di pakaian yang sudah di- dry clean jelas ada, tapi sulitnya, partikel PCE tidak bisa ditangkap oleh panca indera manusia, bahkan yang sensitif sekalipun. Pada individu yang sensitif, PCE dapat menimbulkan reaksi alergi jika sampai termakan, terhirup, atau kontak dengan kulit. Tanpa disadari, kemungkinan kita terancam efek samping dari PCE sangat besar, bisa jadi tubuh kita terkontaminasi PCE melalui hirupan nafas, kontak langsung, ataupun kulit bersentuhan dengan pakaian yang sudah terpapar PCE.

 

aQualis Fabricare mempelopori Green Dry Clean yang merupakan terobosan era baru dry clean yang lebih aman dan sehat dibandingkan metode lama dry clean PCE dan hidrokarbon yang dipakai oleh praktisi dry cleaners pada umumnya. Green Dry Clean menggunakan silikon cair (SiO 2 ) dari Amerika Serikat, di mana SiO2 ini biasa ditemukan di lotion tubuh, sampo, dan produk perawatan tubuh high-end lainnya sehingga dijamin aman untuk kesehatan manusia dan tentunya kain Anda. Green Dry Clean menjaga kain agar tetap lembut dan memberikan efek berkilau, sehingga cocok untuk bahan wol, sutra, kasmir, dan kain dengan label ‘Dry Clean Only’.

 

aQualis Fabricare adalah pelopor layanan laundry ramah lingkungan, wet clean , dan green dry clean di Indonesia. Selain Green Dry Clean, aQualis Fabricare memiliki produk dan layanan lain seperti Antibacterial Guard yang 99.9% efektif dalam membunuh lebih dari 20 macam bakteri, virus, dan jamur dan BioStainRemoval™ yang efektif menghilangkan noda membandel dan tetap menjaga warna, serat, dan struktur kain. Produk dan layanan aQualis Fabricare dapat Anda temukan di 19 kota di seluruh Indonesia.

 

Cari tahu lokasi gerai aQualis Fabricare terdekat dari Anda.

Sumber: Hati-Hati Memanfaatkan Dry Clean

 

Share
Facebook
Linkedin
Twitter
Whatsapp
E-mail
Copy Link

iconFree Pick up & Delivery

Pick up and delivery minimal 2 items